Wednesday 5 March 2014

Cara Roo Ponsel Android Dengan Benar

Root adalah sebuah file sistem utama dalam sebuah perangkat yang berfungsi sebagai penggerak operasi. Sebagian penyusunnya adalah inti dari pengendali hardware utama. proses rooting adalah suatu tindakan atau proses yang pengendalian/kontrol penuh  sistem operasi dalam sebuah perangkat. Hal ini memungkinkan penggunanya dapat mengelola, mengolah dan mengendalikan file sistem yang utama pada perangkat yang pada umumnya beberapa bagian tidak bisa/boleh di akses. Serta memberikan ijin kepada pihak ketiga/aplikasi untuk melakukan eksekusi terhadap beberapa program yang khusus.

Dalam kondiri ter-root, perangkat akan memiliki kemampuan lebih dalam hal pengelohan data. Dengan memberikan ijin akses kepada aplikasi tertentu sehingga dapat mengeksekusi perintah lebih dalam. Tidak hanya sekedar mampu menginstal aplikasi istimewa atau menghapus aplikasi bawaan perangkat, akses root juga bisa digunakan untuk mengganti atau memodifikasi file sistem utama misalkan seperti mengganti font, menjalankan game high quality, bahkan untuk mengganti stockrom ke custom.

Dalam segi keamanan. tentu saja akan menimbulkan resiko yang lebih tinggi. kekurang hati-hatian dalam memberikan ijin akses aplikasi atau mengelola data dapat menyebabkan error pada perangkat tersebut. Setelah dalam kondisi rooted, aplikasi Superuser akan muncul sebagai jendela pemberi ijin akses untuk memasuki file sistem oleh aplikasi lain. Untuk itu disarankan agar mendownload aplikasi yang terpercaya dan terjamin keamanannya.

Resiko tertinggi dalam melakukan rooting adalah kerusakan total pada ponsel Anda. Walaupun hal ini bisa di atasi dengan flashing ulang atau mengembalikan file sistem seperti semula, bagi yang awam mungkin akan lebih meningkatkan resiko gagal fungsi pada hardware hp Anda.

Bagaimana Cara Rooting yang Benar?

Hingga saat ini tidak ada cara umum untuk melakukan proses rooting. Setiap perangkat memilik cara dan peralatan yang berbeda. Walaupun pada beberapa perangkat memiliki kesamaan. Proses ini tidak menjamin rooting berhasil secara maksimal.

Cara rooting ada banyak metodenya. Mulai dari USB debugging, recovery, hingga menggunakan aplikasi sederhana yang bisa Anda unduh pada play store. Sebelum Anda memutuskan untuk me-root ponsel Anda, alangkah baiknya jika Anda terlebih dahulu mencari informasi mengenai jenis perangkat Anda dan cara rooting yang benar pada perangkat Anda.

Cara yang paling sederhana untuk meroot hp Anda adalah menggunakan aplikasi yang bisa Anda download di play store seperti SuperOneClick, z4root, framaroot dan lain-lain. Anda bisa memilih dari sekian banyak aplikasi rooting yang tersedia di play store dan hanya dengan beberapa klik saja ponsel Anda akan rooted atau ter-root. Tapi tidak semua aplikasi kompetibel dengan aplikasi di atas. misal untuk smartphone Android SONY, bisa Andacoba menggunakan aplikasi Root Sony Xperia.

Saya menyarankan Anda untuk mencari tahu terlebih dahulu tentang smartphone Anda dan cara rooting yang benar. Anda juga bisa bertanya pada forum-forum  Android mengenai rooting ponsel Anda.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, kritik, saran maupun pertanyaan Anda