Sunday 9 March 2014

Halaman HTML

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengertian HTML. Kali ini mari kita bahas tentang Halaman HTML dan cara menampilkannya pada browser.

Halaman HTML merupakan sebuah halaman dimana termuat dokumen dengan skrip atau perintah dalam HTML sehingga browser mengenalinya sebagai dokument/halaman HTML. Halaman HTML merupakan dokument dengan ekstensi ".html" (dot html). Contoh "halaman-depan.html".

Untuk penerapannya mari ikuti cara di bawah ini.
  1. Tentukan lokasi Anda menempatkan dokument HTML tersebut. agar lebih mudah saya ambil contoh misal diletakkan pada komputer di "drive E" dalam folder "website".
  2. Buatlah sebuah dokumen menggunakan "notepad" dengan nama "halaman-pertama.html" lalu simpan pada lokasi tadi (untuk nama terserah Anda. saya hanya menggunakan contoh agar selanjutnya lebih mudah dijelaskan)
Dengan begitu Anda telah berhasil membuat sebuah dokument HTML. Sekarang mari kita coba mengaksesnya menggunakan Mozilla Firefox atau browser lainnya.
  1. Buka software Firefox Anda atau browser yang Anda sukai lainnya
  2. Pada kolom URL ketiklah alamat penyimpanan dokument Anda tadi. yaitu "file:///E:/website/halaman-pertama.html".
Anda sudah bisa mengakses halaman Anda. Tetapi dokument tersebut masih kosong. Untuk alamat URL kalau biasanya kita mengakses sebuah situs pada internet misalkan Google, maka kita mengisi alamat situs/URL "http://www.facebook.com". Jadi, karena kita hanya mengakses halaman yang kita simpan pada disk di komputer, maka alamat situs/URLnya "file:///E:/website/halaman-pertama.html" seperti contoh di atas.

Selanjutnya bagaimana mengisi dokument html tersebut agar menampilkan sesuatu di dalamnya? Pada aturan yang benar untuk sebuah situs. dokument HTML selain menggunakan ekstensi ".html" juga memiliki tag pengenal/pembuka HTML. yaitu yang di tulis "<html>". Secara sederhana mari ikuti dan coba dengan contoh di bawah ini
<html>
<head>
<title>Halaman Pertama</title>
</head>
<body>
<h1>Halaman Pertama</h1>
Ini adalah dokument html halaman pertama yang saya buat
</body>
</html>
Setiap kode yang diapit oleh tanda "<" dan ">" disebut dengan TAG. Tag memiliki dua bagian, "Tag pembuka" dan "Tag penutup". Pada Tag penutup memiliki tanda garis miring (/) di dalamnya seperti </html>.

Isilah dokument "halaman-pertama.html yang Anda buat tadi dengan isi di atas yang saya contohkan. Kemudian cobalah buka pada browser Anda dengan memanggil URL "file:///E:/website/halaman-pertama.html". Kemudian lihatlah hasilnya!!!

Penjelasan singkat
  • <html> adalah Tag pengenal/pembuka dokumen HTML. Sehingga browser mengenalinya sebagai dokument HTML yang baik
  • <head> merupakan Tag biasa digunakan sebagai tempat informasi tentang halaman yang dibuat. Pada tingkat lebih tinggi, Tag <head> adalah tempat meletakkan skrip yang mengatur tampilan halaman yang lebih detail dan berbagai fungsi lainnya. Tag ini bisa ditinggalkan, hasilnya dokumen yang dibuat tidak akan memiliki informasi apapun di dalamnya dan hanya memuat isi utama dari dokument HTML tersebut
  • <title> merupakan Tag pemberi judul. Sehingga pada browser Anda mengenali halaman tersebut dengan judul yang telah dibuat
  • <body> Merupakan Tag yang memuat isi utama dari dokumen HTML. Di sinilah kita menulis isi dari dokumen kita.
  • <h1> adalah contoh salah satu skrip Tag yang memberi perintah untuk menampilkan tulisan yang besar dan menjadi judul utama dari isi dokumen tersebut. Nanti kita bahas acuan dan fungsu dari penggunaan tag ini dalam aturan internet. Biasanya ini sebagai salah satu aturan khusus untuk Search Engine Google.
Anda bisa perhatikan setiap Tag memiliki penutup (contoh: </html>, </head>, </body> dll..). Apabila Tag tidak memiliki penutup maka setiap isi dari dokumen yang diawali oleh tag tersebut hingga akhirnya akan dianggap memiliki nilai perintah dari Tag tersebut. Jadi, jangan lupa untuk menutup Tag yang telah ditentukan.

Demikian tutorial singkat mengenai HTML. Pada pelajaran selanjutnya kita akan membahas mengenai Tag dan beberapa perintah dalah HTML menggunakan TAG. Sampai jumpa di pelajaran selanjutnya. Selamat belajar.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, kritik, saran maupun pertanyaan Anda